JADWAL PELAJARAN KURIKULUM MERDEKA KELAS II TAHUN PELAJARAN 2024/2025



Semangat Pagi,,
Tahun ajaran baru 2024/2025 sudah di depan mata, itu berarti sebagai pendidik kita harus menyiapkan segala macam administrasi yang mendukung proses pembelajaran salah satunya yaitu Jadwal Pelajaran. Salah satu tujuan dibuatnya Jadwal Pelajaran adalah agar guru mampu mencapai alokasi waktu pada masing-masing pelajaran yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan demikian maka diharapkan Tujuan Pembelajaran dapat tercapai.

ALOKASI WAKTU MATA PELAJARAN SD/MI KELAS II

Jumlah alokasi waktu Kelas II lebih banyak sedikit jika dibandingkan dengan kelas I. Jumlah alokasi waktu intrakurikuler mata pelajaran wajib di Kelas II yaitu 900 JP per tahun. Sementara Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah 252 JP per tahunnya. Bapak/ibu diberikan menambahkan Muata Lokal dengan alokasi waktu 72 JP per tahun. Jadi total alokasi waktu mata pelajaran wajib dan muatan lokal adalah 972 JP per tahun.

JADWAL PELAJARAN KELAS II

Berdasarkan alokasi waktu yang telah disediakan oleh Pemerintah, maka guru dapat merancang jadwal pelajaran sesuai dengan alokasi waktu tersebut. Berikut jadwal pelajaran Kelas II yang telah kami rancang. Bapak/ibu bisa melihatnya seperti yang tertera di bawah ini.

Berdasarkan jadwal di atas, di sini kami menggunakan sistem Blok Mingguan. Artinya untuk kegiatan P5 kami laksanakan sehari penuh di hari Jumat. Di hari Jumat inilah anak-anak diajak untuk melaksanakan pembelajaran kokurikuler, menganalisis permasalahan yang ada di sekolah untuk nantinya dicarikan solusi yang tepat dengan bimbingan oleh guru.

Demikianlah contoh jadwal pelajaran yang kami susun berdasarkan Permendikbudristek Nomor 14 Tahun 2024 semoga bermanfaat bagi bapak/ibu yang mengajar di Kelas II. Jika dirasa bermanfaat silahkan bisa dibagikan kepada rekan-rekan guru lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "JADWAL PELAJARAN KURIKULUM MERDEKA KELAS II TAHUN PELAJARAN 2024/2025"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah