UNDUH KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP) TAHUN PELAJARAN 2024/2025


Semangat Pagi,,
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan yang dahulu kita kenal sebagai KOSP kini berganti menjadi Kurikulum Satuan Pendidikan. Hal ini mengingat pada tahun ajaran 2024/2025, secara serentak di semua jenjang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Oleh sebab itulah kata Operasional tidak perlu dicantumkan lagi. Hal ini juga sudah dijelaskan pada Permendikbudristek No 12 tahun 2024. Untuk lebih jelasnya mengenai Permendikbudristek No 12 tahun 2024, dapat diunduh DISINI.

PRINSIP PENYUSUNAN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN

  1. Berpusat pada Peserta Didik. Pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan pada semua tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional sekolah
  2. Kontekstual. Menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB)
  3. Esensial. Smua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan tentang kurikulum yang digunakan di satuan pendidikan dapat diperoleh di dokumen tersebut. Bahasanya lugas dan mudah dipahami, tidak mengulang naskah/kutipan yang sudah ada di naskah lain. Dokumen tidak perlu memuat kembali misalnya lampiran Kepmendikbud seperti CP, struktur, dll., dalam dokumen kurikulum operasional
  4. Akuntabel. dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual
  5. Melibatkan Berbagai Pemangku Kepentingan. Pengembangan kurikulum satuan pendidikan melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi dinas Pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan kewenangannya.

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT DALAM PENYUSUNAN KSP?

  1. Pemangku kepentingan internal (pemimpin sekolah dan guru)
  2. Pemangku kepentingan eksternal (orang tua, komite satuan pendidikan dan dinas Pendidikan)
  3. Pemangku kepentingan lainnya (organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK)

MENGAPA PERLU MENYUSUN KSP?

  1. Dokumen Kurikulum Satuan Pendidikan memiliki fungsi utama sebagai dokumen hidup yang membantu satuan pendidikan menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas.
  2. Membantu dalam hal melakukan pengorganisasian dan perencanaan pembelajarandengan lebih efektif dan efisien sesuai dengan kondisi dari satuan pendidikan berdasarkan hasil refleksi dan evaluasi berbasis data.
  3. Membantu dalam hal melakukan diversifikasi kurikulum berdasarkan hasil identifikasi potensi dan karakteristik daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Diversifikasi ini diharapkan dapat memperkuat ciri khas-nya dan membantu satuan pendidikan untuk mencapai visi, misi, dan tujuannya. 

KOMPONEN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN

  1. Karakteristik Satuan Pendidikan
  2. Visi, Misi, dan Tujuan
  3. Pengorganisasian Tujuan
  4. Perencanaan Pembelajaran
  5. Evaluasi, Pengembangan, Profesional, dan Pendampingan

KAPAN EVALUASI KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN BISA DILAKUKAN?

  1. Per-hari : pendidik membuat catatan anekdotal secara informal mengenai bagaimana proses belajar berjalan, bagaimana tujuan belajar tercapai, bagaimana peserta didik merespon proses kegiatan belajar
  2. Per-unit belajar: setelah melakukan asesmen secara individual maupun tim, pendidik bisa mengkaji ulang proses belajar dan tercapainya tujuan dan melakukan perbaikan maupun penyesuaian terhadap proses belajar
  3. Per-semester : setelah 1 semester selesai, pendidik dan tim bisa melihat rangkaian pencapaian pembelajaran
  4. Per-tahun : evaluasi terhadap pencapaian dan proses pembelajaran dalam 1 tahun dapat dikumpulkan berkala dalam rentang waktu yang lebih pendek dan bagaimana hal tersebut berkonstribusi pada visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan.
Itulah sedikit gambaran mengenai Kurikulum Satuan Pendidikan yang bisa saya informasikan, untuk lebih jelasnya bapak/ibu bisa mengunduh KSP 2024/2025 yang telah saya susun.

Silahkan unduh Kurikulum Satuan Pendidikan 2024/2025 DISINI
Silahkan unduh Lampiran Kurikulum Satuan Pendidikan 2024/2025 DISINI

Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu yang akan menyusun Kurikulum Satuan Pendidikan di tahun ajaran 2024/2025. Jika dirasa bermanfaat, silahkan bisa dibagikan kepada rekan-rekan pendidik lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UNDUH KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP) TAHUN PELAJARAN 2024/2025"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah